Menu

Social Media

Berita Terpopuler

Hari Ini AN jenjang SMP Dimulai

Senin, 04 Okt 2021, 11:22:55 WIB, 192 View Administrator, Kategori : Pendidikan Dasar

Dengan adanya kebijakan Merdeka Belajar Episode 1, salah satunya adalah ditiadakannya Ujian Nasional maka penilaian kompetensi siswa diserahkan sepenuhnya kepada pendidik. Namun demikian, pemerintah menyelenggarakan kegiatan Asesmen Nasional yang dirancang untuk menghasilkan informasi yang akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. AN berbeda dengan Ujian Nasional (UN). Jika UN menilai kompetensi individu siswa, sedangkan AN menilai satuan pendidikan secara menyeluruh. AN wajib diikuti setiap satuan pendidikan yang sudah terdaftar di dalam Dapodik, dengan kapasitas siswa sampling untuk jenjang SMP diikuti sebanyak 40 siswa dan 5 cadangan. Sedangkan untuk jenjang SD, kapasitas siswa sampling sebanyak 30 siswa dan 5 cadangan. Penentuan siswa sampling dilakukan secara langsung oleh Kemendikbud. Dalam pelaksanaan AN ada 3 hal yang akan dilakukan:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), untuk mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif siswa
  2. Survei karakter, untuk mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar non kognitif.
  3. Survei Lingkungan Belajar, untuk mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran

Hasil asesmen akan dijadikan sebagai umpan balik bagi satuan pendidikan maupun dinas pendidikan untuk memperbaiki seluruh sistem pendidikan agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Memperhatikan hal tersebut, Kepala Bidang Dikdas, Ibu Nur Maslichah S.Pd. MM, memberikan arahan agar memperkuat koordinasi, komunikasi lintas bidang sehingga dapat bersinergi, bersama-sama mewujudkan visi Kabupaten Gresik yang selaras dengan visi pendidikan Indonesia yakni terwujudnya Indonesia yang maju, yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebhinekaan global. Beliau juga menyampaikan bahwa sudah saatnya mereview kembali berbagai program dan kegiatan agar dapat menyiapkan generasi yang akan hidup di abad 21.

AN jenjang SMP akan diikuti 114 satuan pendidikan dan 4168 siswa sampling. 106 satuan pendidikan melaksanakan AN dengan status pelaksanaan Mandiri, sedangkan 8 satuan pendidikan melaksanakan AN dengan status pelaksanaan Menumpang di lembaga lain. Adapun jadwal kegiatan AN adalah sebagai berikut:

Selanjutnya mohon doa semoga pelaksanaan AN di Kabupaten Gresik berjalan dengan lancar dan sukses.


  Berita Terkait