Menu

Social Media

Berita Terpopuler

Tarian Damar Kurung Gresik Sampai di Kancah Nasional

Selasa, 30 Jul 2019, 10:33:11 WIB, 436 View Data dan Informasi, Kategori : Umum

Damar Kurung berarti cahaya yang dikurung. Damar kurung menjadi salah satu ikon Gresik yang diciptakan oleh Mbah Masmundari. Beliau selalu berkreasi melukis Damar Kurung yang menggambarkan cerita budaya kehidupan masyarakat Gresik. Meskipun memasuki usia senja, semangat dan hasil karya beliau tetap  menjadi inspirasi generasi muda untuk pantang menyerah dan selalu semangat dalam menapaki kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Damar Kurung akan selalu bersinar dan menjadi bagian dari budaya Kabupaten Gresik. Seperti halnya Gresik dan Jawa Timur yang bersinar di pentas nasional melalui perjuangan siswi-siswi SMP Negeri 3 Gresik (spentig).  Rabu, 3 Juni 2019, para pelajar dari SMP Negeri 3 Gresik mengikuti perlombaan “Gelar Tari Remaja 2019” yang bertempat di Gedung Kesenian Jakarta Pusat. Tim Tari spentig mendapat hak istimewa mewakili Jawa Timur dalam ajang tersebut setelah sebelumnya mendapatkan 2 penghargaan dalam ajang “Pekan Seni Pelajar” Jawa Timur yang diadakan di Malang. Adapun dua gelar tersebut adalah Juara 1 lomba tari dan koreografer terbaik.

Dalam pentas nasional, tak hanya satu gelar yang dibawa pulang. SMP Negeri 3 Gresik yang mewakili Jawa Timur mampu mengalahkan 33 provinsi lainnya. Tiga gelar: 5 penyaji terbaik, 10 penari terpilih, dan 5 koregrafer terpilih, telah sah diraih dan diboyong oleh pelajar dari Gresik.

Proses latihan berjalan selama dua bulan. Sanggar Seni Giri Budaya Spentig Gresik membimbing anak-anak terpilih dengan sangat apik. Setiap hari mereka melakukan latihan rutin dengan kerja keras. Olah tubuh, olah rasa, dan olah pernapasan tak pernah hilang dari agenda harian mereka.

Jumlah peserta perwakilan Jawa Timur seluruhnya berjumlah 19 orang, yang terdiri dari 7 orang penari dan 12 pemusik.

 


  Berita Terkait