Menu

Social Media

Berita Terpopuler

VISITASI LOMBA GUDEP UNGGUL NASIONAL 2019

Kamis, 08 Agu 2019, 05:52:48 WIB, 292 View Data dan Informasi, Kategori : Umum

Alhamdulillah. Visitasi lomba gudep unggul nasional tahun 2019 di pangkalan SD NU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik berjalan dengan lancar dan sukses. Visitasi dilaksanakan pada hari Rabu, 7 Agustus 2019 pukul 09.00 WIB.

Tim penilai terdiri dari dua orang yaitu Prof. Dr. Suyatno, M.Pd. dari  Kwarnas dan M. Roem dari  Kemendikbud RI. Beliau berdua disambut oleh siswa-siswi SD NU Kanjeng Sepuh dengan ritual kejawen Keraton Condrodimuko. Ritual penyambutan berlangsung dengan meriah.

Memasuki halaman sekolah, tim penilai juga disambut oleh adik adik SD NU dengan beragam aksi. Penampilan pertama tari giri sholawat. Dilanjutkan dengan tari nusantara. PBB variasi yang dipadu dengan lagu Sayang dari Via Valen merupakan aksi berikutnya. Aksi selanjutnya adalah tari semaphore.  Yel yel kolaborasi dengan anak SMP N 1 Sidayu semakin memeriahkan acara penyambutan.

Acara visitasi dibuka setelah penampilan aksi anak-anak SD NU. Acara pembukaan disimbolkan dengan pelepasan balon oleh Kwarnas, Prof. Dr. Suyatno, M.Pd. selanjutnya tim penilai memasuki ruangan utama yang dijadikan tempat pemaparan profil pangkalan SD NU Kanjeng Sepuh Sidayu, serta hal-hal lain yang dijadikan penilaian.

 

Pemaparan Kamabigus SD NU Kanjeng Sepuh berlangsung sekitar 15 Menit dan dilanjutkan dengan tanya jawab diruangan visitasi. Sebelum keruangan visitasi tim visitasi berkunjung ke sanggar pramuka SD NU Kanjeng Sepuh.

Kegiatan visitasi dimulai dengan mengecek setiap komponen masing-masing standar penilaian. Standar penilaian terdiri dari 7 komponen diantaranya: standar Sumber Daya Manusia, Manajemen dan Administrasi, dana, Sarana dan Prasarana, Kegiatan, Proses, Prestasi, dan kemitraan. Visitasi berlangsung dengan khidmat.

Ditengah tengah penilaian, ada gurauan yang dilontarkan oleh Kak Yatno. Beliau menanyakan jenis-jenis buah pisang beserta maknanya selain itu jaga bertanya tentang jenis bambu kepada pembina, suasana ini menciptakan keakraban dan kehangatan, dan dapat mencairkan suasana yang semula menegangkan. Setelah visitasipun beliau melontarkan pertanyaan tentang jenis nangka, karena di lingkungan SD NU ada pohon nangka yang sedang berbuah.

Akhir penilaian beliau berpesan agar terus berlatih dengan gigih terutama untuk memersiapkan festival penggalang 2019 di Bogor. Semoga pangkalan SD NU Kanjeng Sepuh berhasil mendapatkan juara Nasional dan dapat mewakili Kwarda JATIM mengikuti festival penggalang tersebut. Aamiin.

 


  Berita Terkait